Untuk menjalankan suatu perangkat, pasti memerlukan “otak” yang berfungsi sebagai penggerak agar dapat digunakan. Pada ponsel sebutanya yaitu sistem operasi. Sistem operasi yang paling terkenal adalah android dan iOS. Lalu seberapa penting sih sistem operasi pada smartphone yang kita pakai? Dan apa yang menjadi pembeda antara android dan iOS ini? Simak ulasannya pada artikel, Perbedaan Antara Smartphone Android dan iOS dilansir dari Infocorner:

1. Beda iPhone dan Android dalam segi kegunaan

iOS merupakan sistem operasi yang ekslusif karena sistem operasi ini dirancang khusus hanya untuk digunakan di produk iPhone dari Apple Inc. Sedangkan Android merupakan sistem operasi buatan Google yang dirancang untuk bisa kompatibel dengan berbagai merk smartphone.

iOS sedikit lebih ketat dalam keamanan yang boleh ada di iPhone  berbeda dengan Android yang justru menawarkan kebebasan untuk melakukan apa saja yang Anda kehendaki di smartphone Android milik Anda sendiri.

2. Perbedaan kemampuan berbagi data antara iPhone dan Android

Jika anda adalah orang yang tidak mau ribet, memakai sistem operasi iOS sangat tidak disarankan mengingat iOS tidak mendukung penggunaan teknologi Bluetooth dalam berbagi data seperti file, foto, lagu maupun dokumen. Perlu effort dalam memindahkan data yaitu melalui iTunes yang harus tersambung pada laptop kalian. Namun, baiknya hal ini bertujuan untuk meminimalisir kemungkinan iPhone terserang virus yang membahayakan.

Sebaliknya, hanya membutuhkan waktu lima menit bahkan kurang, anda bisa dengan cepat mentransfer data di Android. Tentunya akan ada resiko yang harus ditanggung oleh android user akan kebebasan ini seperti smartphone akan mudah terserang malware, virus, atau bahaya lain dari pengiriman data secara sembarangan.

3. Penggunaan aplikasi di iPhone dan smartphone Android

Aplikasi yang tersedia di Google Play Store sudah ada dalam jumlah yang luar biasa banyak. Hal ini berbeda dengan aplikasi yang boleh berada di Apple App Store, tidak semua pengembang bisa memasukkan aplikasi buatan mereka ke Apple App Store.

Di smartphone Android, Anda bahkan bisa memasang aplikasi yang Anda dapatkan dalam bentuk .apk dari situs web manapun atau membagikan aplikasi Anda sendiri ke pengguna Android yang lain untuk kemudian mencoba menjalankannya.

Anda tidak bisa melakukan hal yang sama pada smartphone iPhone Anda. Jika tidak mengunduhnya dari App Store, aplikasi apapun tidak akan bisa dipasang. Anda juga dilarang untuk mengganti tampilan yang muncul pada home screen.

4. Beda iPhone dan Android dalam segi Harga

Seperti yang Anda ketahui, semua orang menyayangkan mahalnya harga yang dipatok oleh Apple Inc untuk produk iPhone nya. Misalnya, iPhone X dengan kapasitas penyimpanan 64GB saja dijual dengan harga hingga 26,2 juta rupiah dan versi 256 GB nya dijual seharga 28,2 juta rupiah.

Tapi bukan hanya harga beli iPhone saja yang mahal, bahkan harga jual iPhone bekas Anda pun bisa luar biasa tinggi karena harga iPhone tidak mudah jatuh. Smartphone Android bisa didapatkan dengan mudah karena harganya yang murah.

Tapi jangan pernah lupa bahwa harga beli Android yang murah juga hadir dengan harga jual Kembali yang berada jauh dibawah harga belinya. Hal ini menandakan seberapa eksklusif produk iPhone buatan Apple dibandingkan dengan Android yang dirancang untuk berbagai smartphone.

Setelah mengerti seluruh beda iOS dan Android, sudahkah Anda memutuskan smartphone manakah yang akan Anda beli? Pastikan untuk membeli smartphone yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Selalu utamakan keaslian dan kualitas produk sewaktu akan membeli smartphone. Jangan lewatkan info menarik seputar gadget hanya di Instagram @officialcompleteselular.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Home
Bandingkan
Market Place
Toko Cabang