Di penghujung akhir tahun, OPPO membuat kejutan dengan meluncurkan Smartphone lipat pertamanya yang bernama Oppo Find N. Butuh waktu 4 tahun bagi OPPO mengembangkan ponsel lipat ini yang akan menjadi pesaing ponsel lipat lainnya dari brand Samsung .

Dimana Samsung sendiri telah lebih dulu memperkenalkan ponsel dengan konsep flip melalui Samsung Galaxy Z Fold 3, langkah ini menjadi warning untuk brand lain dalam persaingan gadget di tahun 2021.

Pada seri Oppo Find N ini dibekali dengan sejumlah fitur unggulan, seperti di bagian layar yang menggunakan material kaca tipis atau UTG-ultra thin glass yang bakal lebih kuat dan tahan lama. Kemudian di bagian engselnya pun telah menggunakan material yang terbaik yaitu flexion hinge, yang dapat memberikan pengalaman mulus saat pengguna membentangkan layar.

Sementara dari segi desain, ponsel lipat Oppo Find N mengusung skema lipat yang sama dengan lini Galaxy Fold milik Samsung, yakni ke arah dalam atau seperti menutup buku.

Handphone ini pastinya memiliki 2 layar yang terbagi menjadi dua, yakni layar utama dan layar penutup. Untuk layar pertama Oppo Find N mengusung panel AMOLED seluas 7,1 inci, yang dalam keadaan terbentang ponsel ini menyerupai sebuah tablet.

Layar utama pun dilengkapi dengan refresh rate sebesar 120hz dan tingkat kecerahan maximal di 1000 nits yang akan tetap nyaman jika kalian pakai di ruang terbuka. Pada bagian ujung layar bagian kiri pun terdapat kamera punchole dengan resolusi kamera 32MP.

Sementara  dengan keadaan tertutup OPPO Find N ini memiliki ukuran layar 5,49" dengan aspek rasio 18:9 dan terdapat punchole di bagian tengah atas layar yang beresolusi 32MP.

Untuk kamera belakangnya, Oppo Find N dibekali dengan tiga kamera, yaitu kamera utama dengan sensor IMX766  beresolusi 50 MP, kamera ultra wide 16 MP, dan kamera telefoto 13 MP.

Untuk dapur pacunya sendiri Oppo Find N ditenagai dengan chipset Snapdragon 888 5G (5nm) dari Qualcom yang di konfigurasikan dengan baterai berkapasitas 4500 mAh plus fast charging 33W.

Oppo Find N tersedia dalam 2 varian RAM yakni 8 dan 12 GB, serta memori internal 256 GB sampai dengan 512 GB. Untuk harganya, ponsel Oppo Find N varian 8/256 GB dibanderol dengan harga ¥7.699 (sekitar Rp 17,3 juta).  Sementara Oppo Find N varian tertinggi 12/512 GB dijual seharga ¥8.999 (sekitar Rp 20,3 juta).