Kejadian layar yang tiba-tiba bergerak sendiri atau disebut ghost touch biasanya disebabkan karena adanya  masalah hardware pada ponsel android kamu, meskipun ghost touch ini tidak membahayakan ponsel kamu namun kejadian layar Handphone yang bergerak sendiri tentu sangat mengganggu aktifitas yang kamu lakukan di smartphone bukan? Oleh karena itu kamu perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi smartphone yang sering ghost touch .

1. Segera charger handphone

Pemakaian smartphone yang berlebihan dan menunda isi daya walapun sudah low battery tentu tidak sehat untuk performa handphone, hal ini juga seringkali menjadi penyebab ghost touch pada handphone. Oleh karena itu jika baterai sudah low battery maka segeralah di charge dan beri jeda handphone untuk istirahat ketika tengah di charge agar tidak menimbulkan panas yang berlebihan.

2. Bersihkan pelindung layar

Ghost touch seringkali disebabkan karena hal sepele seperti layar atau tempered glass yang kotor. Jika jarang dibersihkan debu yang menempel pada pelidung layar dapat menyebabkan masalah layar yang bergerak-gerak sendiri, oleh karena itu rajinlah membersihkan pelindung layar atau bisa juga menggantinya dengan yang baru.

3. Service LCD

Jika handphone kamu tanpa disengaja pernah kemasukan air tidak jarang handphone pun akan mengalami ghost touch sewaktu-waktu, air yang merembes dan masuk kedalam dapat merusak hardware, mengganti LCD dengan yang baru menjadi pilihan terbaik untuk meminimalisir terjadinya ghost touch.

4. Kalibrasi Layar

Cara lain dalam mengatasi ghost touch ialah dengan melakukan kalibrasi layar, kamu memerlukan aplikasi bantuan untuk mengatur ulang kalibrasi layar dengan menginstal aplikasi “Touchscreen calibration”  akan dipandu langkah-langkah untuk menyetel ulang kalibrasi layar handphone .

5. Lakukan Factory Reset

Cara terakhir jika handphone kesayangan masih terjadi ghost touch, kamu perlu mengambil langkah berani untuk melakukan reset ulang. Factory reset akan menjadikan tampilan layar pada ponsel kembali seperti pertama kamu membelinya. Namun sebelum melakukan factory reset pastikan terlebih dahulu jika data-data pada handphone kamu telah di backup.

 

Nah itulah 5 cara mengatasi ghost touch, semoga bermanfaat yaa J